Aqiqah Bandung Murah : Cara Membuat Coq au Vin

Cara Membuat Coq au Vin

    Mengapa Menguasai Itu?

    Merebus ayam dalam anggur adalah tradisi kuno, dan metode yang digunakan di seluruh Prancis. Anda mencokelatkan daging, tambahkan cairan ke panci, baik itu air, anggur atau kaldu, dan kemudian setel di atas api kecil untuk didihkan lama. Itu kecoklatan awal menciptakan fondasi saus, meminjamkan lapisan rasa yang kompleks ke hidangan akhir.

    Dalam coq au vin tradisional, yang berasal dari wilayah Burgundy, anggur digunakan baik untuk melunakkan apa yang secara tradisional ayam jantan tua yang tangguh (coq dalam bahasa Prancis) dan untuk menanamkan daging dengan rasa memabukkan. Ketika burung perlahan-lahan dididihkan, sering selama berjam-jam seperti resep tertua menyarankan, dagingnya yang berotot mengendur, tumbuh lunak dan beraroma, dan mudah menyerah pada garpu.

    Saat anggur mendidih membumbui ayam, ayam membumbui anggur, membantu mengubahnya menjadi saus gurih. Anggur, yang berkurang saat dimasak, juga mengandung rasa lain dalam panci, dalam hal ini brendi, jamur, bawang, daging asap dan rempah-rempah, bersama dengan citarasa gurih - yaitu, potongan karamel di bagian bawah wajan yang Anda dapatkan dari kecoklatan awal ayam. Ayam muda dan lembut saat ini memasak lebih cepat daripada burung-burung sebelumnya, tetapi mereka diilhami dengan rasa sehat yang sama.

    Ada variasi coq au vin di seluruh Perancis, masing-masing merupakan perayaan anggur lokal baik merah dan putih. Di Alsace, riesling kering digunakan, menghasilkan saus yang lebih ringan, lebih terang yang sering diperkaya dengan sedikit krim atau krim creme yang diaduk di bagian akhirnya. Daerah Jura dan Champagne juga memiliki resep sendiri; juru masak di Jura kadang-kadang menggantikan morels dengan jamur kancing putih atau cokelat yang lebih umum. Di Beaujolais, anggur nouveau ungu muda yang gelap memberi hidangan itu nama coq au violet. Tetapi versi Burgundy, dibuat dengan anggur lokalnya, adalah yang paling terkenal di seluruh Prancis dan di seluruh dunia.

    Apa pun jenis anggur yang Anda tuangkan ke dalam panci, metode memanaskannya dengan ayam atau daging lain dapat dilakukan di dapur. Contoh kasus: Boeuf bourguignon, klasik Prancis lainnya, pada dasarnya coq au vin dibuat dengan potongan daging sapi rebus alih-alih unggas. Menguasai teknik yang satu ini menghasilkan banyak makan malam yang luar biasa.

    Sejarah Singkat

    Legenda mengatakan bahwa Julius Caesar sendiri memperkenalkan versi coq au vin ke Prancis. Seperti yang sering dikutip (dan benar-benar apokrip) cerita, Galia Celtic mengirim ayam jantan ke Kaisar selama pendudukan Romawi. Caesar menyuruh koki memasaknya dengan rempah-rempah dan anggur Romawi dan kemudian mengembalikannya ke Galia. Apakah ini benar atau tidak, tradisi merebus unggas dalam anggur memang berasal dari zaman Romawi kuno, dan mungkin bahkan lebih jauh ke belakang.

    Karena bahan utama dari coq au vin secara historis adalah ayam jantan yang tangguh, sangat mungkin bahwa versi paling awal adalah ongkos petani. Resep yang menyerukan ayam jantan jarang menghiasi risalah awal tentang masakan Prancis pada abad ke-17 dan ke-18, yang mendokumentasikan makanan untuk orang kaya. Itu tidak sampai substitusi yang lebih baru dari ayam tender di abad ke-19 bahwa hidangan dan semua variasinya memasuki kanon Perancis.

    Bahwa versi Burgundi muncul sebagai yang paling menonjol di Amerika Serikat adalah karena Julia Child, yang memperjuangkan resep itu sebagai simbol kecanggihan dan semangat memasak negara Prancis.

    Di atas, "Still Life" oleh Jacopo da Empoli (1551-1640).

Peralatan yang Anda Butuhkan

    Oven Belanda Oven Belanda 6 - 8 liter atau panci berat dengan tutup (pot rondeau) adalah alat yang penting untuk merebus. Jika pot terlalu kecil, cairan tidak akan cukup menguap untuk memberi Anda saus yang kaya; jika terlalu besar, anggur dalam panci tidak akan cukup menutupi ayam.

    Wajan Bawang mutiara dan jamur untuk topping dimasak terpisah dari ayam, sehingga mereka memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Wajan 10 inci dengan penutup sangat ideal.

    Penjepit Sepasang penjepit dapur yang baik akan membantu Anda memanuver ayam saat Anda kecokelatan, memungkinkan Anda untuk membakar seluruh kulit.
    Wirecutter, situs web rekomendasi produk yang dimiliki oleh The New York Times Company, memiliki panduan untuk oven Belanda dan wajan antilengket terbaik.

Coq Au Vin

Resep untuk coq au vin ini menghasilkan saus yang sangat kaya diisi dengan ayam lembut, potongan daging renyah, jamur, dan bawang bombay yang telah dibakar. Versi tradisional membutuhkan ayam potong utuh, tetapi hanya menggunakan daging gelap memberi Anda hidangan yang sangat lezat. Hiasan crouton menambah krisis mentega.


Bahan

    3 pon kaki ayam dan paha
    2 ½ sendok teh garam halal, lebih sesuai kebutuhan
    ½ sendok teh lada hitam yang baru ditumbuk, lebih sesuai selera
    3 cangkir anggur merah, lebih disukai dari Burgundy
    1 daun salam
    1 sendok teh daun thyme segar cincang
    4 ons lardon, pancetta atau bacon, potong dadu menjadi 1/4-inch (sekitar 1 cangkir)
    3 sendok makan minyak zaitun extra virgin, lebih banyak sesuai kebutuhan
    1 bawang besar, potong dadu
    1 wortel besar, kupas dan potong dadu
    8 ons jamur putih atau coklat, dibelah dua jika besar, dan diiris (sekitar 4 gelas)
    2 siung bawang putih, cincang
    1 sendok teh pasta tomat
    1 sendok makan tepung serbaguna
    2 sendok makan brendi
    3 sendok makan mentega tawar
    8 ons bawang mutiara kupas (sekitar 12 hingga 15 bawang)
    Gula kecil
    2 iris roti putih, potong segitiga, remah dihilangkan
    ¼ cangkir peterseli cincang, lebih untuk disajikan

Persiapan

    Bumbui ayam dengan 2 1/4 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh lada. Dalam mangkuk besar, campurkan ayam, anggur, daun salam, dan thyme. Tutup dan dinginkan setidaknya 2 jam atau, bahkan lebih baik, semalam.
    Dalam oven Belanda besar atau panci berat-bawah dengan tutup ketat, masak lardon dengan api sedang-kecil sampai lemak berubah, dan lardon berwarna keemasan dan segar, 10 hingga 15 menit. Dengan menggunakan sendok berlubang, pindahkan lardon ke piring yang dilapisi kertas-handuk, sisakan lemak yang ada di panci.
    Hapus ayam dari anggur, sisihkan rendaman. Tepuk-tepuk potongan ayam dengan handuk kertas hingga sangat kering. Panaskan lemak lardon di atas api sedang sampai hampir matang. Kerjakan dalam batch jika perlu, tambahkan ayam dalam satu lapisan dan masak sampai kecoklatan, 3 hingga 5 menit per sisi. (Tambahkan minyak jika pot terlihat agak kering.) Pindahkan ayam ke piring karena warnanya cokelat.
    Tambahkan bawang bombay, wortel, setengah jamur, dan 1/4 sendok teh garam ke dalam panci. Masak sampai sayuran berwarna kecoklatan ringan, sekitar 8 menit, aduk bit coklat dari panci, dan sesuaikan panas jika perlu untuk mencegah pembakaran.
    Aduk bawang putih dan pasta tomat dan masak selama 1 menit, lalu aduk tepung dan masak lagi. Angkat dari api, dorong sayuran ke satu sisi pot, tuangkan brendi ke sisi kosong, dan nyalakan dengan korek api. (Jika Anda terlalu gugup untuk menyalakannya, cukup masak brendi selama 1 menit.) Setelah apinya padam, tambahkan perendam yang disediakan, didihkan, dan kurangi setengahnya (menjadi 1 1/2 gelas), sekitar 12 menit . Singkirkan busa besar yang terbentuk di permukaan.
    Tambahkan ayam, jus apa pun yang terakumulasi, dan setengah lardon yang dimasak ke dalam panci. Tutup dan didihkan dengan api kecil selama 1 jam, berputar setengah jalan. Buka panci dan biarkan mendidih selama 15 menit. Cicipi dan tambahkan garam dan merica, jika perlu.
    Sementara itu, lelehkan 1 sendok makan mentega dan 2 sendok makan minyak dalam antilengket atau wajan besar lainnya di atas api sedang-tinggi. Tambahkan bawang mutiara, sedikit gula dan garam secukupnya. Tutup, kurangi panas menjadi rendah dan masak selama 15 menit, sering wajan untuk mengaduk bawang. Temukan, dorong bawang ke satu sisi wajan, tambahkan jamur yang tersisa, dan angkat panas sampai sedang-tinggi. Lanjutkan memasak sampai kecoklatan, aduk jamur sesekali, dan aduk perlahan bawang, 5 hingga 8 menit. Buang bawang dan jamur dari wajan, dan bersihkan.
    Dalam wajan yang sama, cairkan 2 sendok makan mentega dan minyak 1 sendok makan di atas api sedang sampai mendidih. Tambahkan roti dan roti panggang di semua sisi sampai keemasan, sekitar 2 menit per sisi. (Sesuaikan panas jika perlu untuk mencegah pembakaran.) Angkat dari wajan dan taburi dengan garam.
    Untuk menyajikannya, celupkan crouton ke dalam saus anggur, lalu lapisi dengan peterseli. Tambahkan bawang bombai, jamur, dan setengah sisa lardon yang sudah dimasak ke dalam panci. Saus dengan saus anggur, taburi dengan peterseli dan sajikan dengan crouton di atasnya.

Teknik dan Tip

Anda ingin membangun rasa di wajan di setiap langkah, yang memperkaya saus dan memberikannya tubuh. Itu dimulai dengan daging, yang harus dibakar dalam-dalam untuk membuat dasar yang kuat.

Mempersiapkan dan Memakan Ayam

• Menggunakan hanya daging gelap yang berbentuk tulang membuat rebusan lebih kaya dan lebih tebal, karena sumsum tulang. Dan daging gelap tidak mudah kering seperti daging putih. Namun, adalah tradisional untuk menggunakan ayam utuh, dipotong-potong, dan Anda dapat melakukannya jika Anda mau; tambahkan saja payudara ke dalam panci 30 menit setelah menambahkan daging yang gelap.

• Merendam ayam sebelum menjadi kecoklatan akan memberi Anda burung yang lebih berpengalaman yang dagingnya dipenuhi dengan anggur. Waktu marinasi yang ideal adalah 24 jam, tetapi bahkan empat hingga enam jam membantu penyebabnya.

• Untuk mendapatkan luka bakar yang baik, ayam harus benar-benar kering. Jika tidak, uap air akan mengukus kulit alih-alih menjadi kecoklatan. Tepuk dengan handuk kertas setelah diasinkan.


• Luangkan waktu Anda saat mencokelatkan daging; itu adalah salah satu langkah paling penting untuk mendapatkan rasa yang kuat dari ayam, dan menciptakan dasar yang kuat untuk saus. Rencanakan untuk menghabiskan setidaknya 15 hingga 25 menit di kompor untuk langkah ini, membakar potongan-potongan dalam batch. Gunakan penjepit untuk memegang ayam dan mengubah posisinya, menekannya ke dalam loyang bila perlu, sehingga semua sisi bersentuhan dengan logam panas untuk mendapatkan luka bakar yang dalam.

    Memasak dan Melayani

    • Beberapa resep coq au vin meminta kaldu ayam untuk menggantikan sebagian anggur, yang menonjolkan nada daging dalam saus yang sudah jadi. Tapi ini bisa mencairkan aroma anggur. Daging asap dan luka bakar kulit ayam memberikan daging yang cukup di sini, jadi resep ini menghilangkan kaldu.

    • Tumis pasta tomat dengan sayuran mengaramelkan tomat. Ini juga menghilangkan rasa logam, yang bisa menjadi masalah dengan pasta tomat kalengan.

    • Menambahkan tepung ke dalam panci membantu mengentalkan saus. Di sini, ia diaduk ke dalam sayuran saat mereka kecoklatan, yang memungkinkan rasa tepung mentah untuk dimasak.

    • Brandy membawa kompleksitas ke hidangan terakhir. Menyalakan brendi dalam panci adalah cara cepat untuk memasak banyak alkohol, dan itu lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Gunakan penyala bergagang panjang atau korek api untuk menyalakan api. Itu terbakar cukup cepat, jadi tidak ada yang perlu ditakuti. Namun, Anda dapat melewati langkah ini dan biarkan brendi matang di wajan selama 1 menit.

    • Di sini, anggur direbus selama sekitar 12 menit sebelum ayam ditambahkan ke panci. Ini membuat saus menjadi lebih intens tanpa membuat ayam terlalu matang.

    • Satu cara cepat untuk mengupas bawang mutiara untuk topping adalah dengan merebusnya selama 1 menit dalam panci berisi air mendidih. Kuras, biarkan dingin, lalu lepas kulitnya. (Bawang kupas beku cenderung sangat lembek, dan karena itu jauh lebih sulit untuk karamel karena kadar airnya yang tinggi. Gunakan hanya sebagai pilihan terakhir.)

    • Hiasan roti panggang yang renyah memberikan tekstur yang kontras dengan ayam yang lembut, tetapi jangan ragu untuk meninggalkannya.

    • Seperti semua braise, coq au vin sebaiknya dibuat sehari ke depan, sehingga citarasa memiliki kesempatan untuk mengintensifkan. Biarkan dingin sepenuhnya, lalu simpan di lemari es. Untuk memanaskannya, sendok terlebih dahulu dan buang semua lemak yang sudah mengeras di permukaan, kemudian tempatkan panci di atas api kecil selama sekitar 20 hingga 30 menit, aduk sesekali. Atau panaskan kembali dalam oven 350 derajat selama sekitar 30 menit. Yang terbaik adalah menyiapkan bawang dan jamur, serta crouton, tepat sebelum disajikan.

    • Sajikan dengan salad hijau, dan sebotol Burgundy yang enak.

Beef Bourguignon

Francesco Tonelli untuk The New York Times

Seperti coq au vin, hidangan adiknya dari Burgundy, boeuf Bourguignon adalah sup daging yang perlahan-lahan direbus dalam anggur merah bersama dengan bawang bombay, jamur, dan daging. Gunakan anggur yang baik di sini, sesuatu yang sederhana namun dapat diminum. Itu membuat semua perbedaan dalam hidangan jadi. Seperti halnya semua semur daging sapi, yang terbaik adalah dibuat satu atau dua hari ke depan, tetapi jangan tumis jamur dan bawang sampai sebelum disajikan.
Bahan

    3 pound chuck daging sapi atau daging sapi rebus tanpa tulang lainnya, potong dadu 2 inci dan keringkan
    2 ¼ sendok teh garam halal, lebih secukupnya
    ½ sendok teh lada hitam yang baru ditumbuk
    5 ons lardon, pancetta atau bacon, potong dadu (sekitar 1 1/4 gelas)
    1 bawang, dicincang halus
    1 wortel besar, iris
    2 siung bawang putih, cincang
    1 sendok teh pasta tomat
    2 sendok makan tepung serbaguna
    1 botol anggur merah 750 mililiter
    1 daun salam besar
    1 setangkai besar thyme
    8 ons bawang bombay, kupas (sekitar 12 hingga 15 bawang)
    8 ons jamur cremini, dibelah dua jika besar (sekitar 4 gelas)
    1 sendok makan minyak zaitun extra virgin
    Gula kecil
    Peterseli daun datar cincang, untuk hiasan

Persiapan

    Bumbui daging sapi dengan 2 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh lada. Sisihkan setidaknya selama 30 menit pada suhu kamar, atau dinginkan dalam lemari es hingga 24 jam.
    Dalam oven Belanda besar atau panci berat-bawah dengan tutup ketat, masak lardon dengan api sedang-kecil sampai lemak berubah dan lardon menjadi kecokelatan dan garing, sekitar 10 hingga 15 menit. Transfer dengan sendok berlubang ke piring berlapis kertas tisu. Cadangan lemak dalam pot.
    Panaskan oven hingga 350 derajat. Angkat panas di bawah panci hingga sedang-tinggi dan masak sampai lemak mulai merokok. Letakkan setengah dadu daging sapi dalam satu lapisan di dalam panci, sisakan ruang di antara potongan-potongan. Masak sampai kecoklatan di semua sisi, 10 hingga 15 menit; pindahkan potongan ke piring karena warnanya cokelat. Ulangi dengan sisa daging sapi.
    Kurangi panas, jika perlu, untuk mencegah pembakaran. Aduk bawang, wortel dan sisa 1/4 sendok teh garam dan masak sampai lunak, sekitar 10 menit, aduk sesekali.


Aduk bawang putih dan pasta tomat, lalu masak selama 1 menit. Aduk tepung, masak selama 1 menit, lalu tambahkan anggur, daun salam, dan thyme, kumpulkan potongan cokelat di bagian bawah pot. Tambahkan daging sapi kecokelatan dan separuh lardon yang sudah dimasak kembali ke panci, tutup, dan pindahkan ke oven. Biarkan sampai daging sapi sangat empuk, sekitar 1 1/2 jam, balikkan daging.
     Sementara itu, dalam wajan besar di atas api besar, kombinasikan bawang bombay, jamur, 1/4 gelas air, minyak zaitun dan sedikit garam, merica, dan gula. Didihkan, lalu tutup dan kecilkan api sampai sedang, masak selama 15 menit. Temukan, angkat panas ke atas, dan masak, sering-sering, sampai sayuran berwarna kecoklatan, 5 hingga 7 menit.
     Untuk menyajikannya, taburkan bawang dan jamur dan sisa lardon yang dimasak di atas rebusan, lalu tambahkan dengan peterseli.


Tautan : Aqiqah Bandung Murah   

Comments

Popular posts from this blog

Catering Jogja Murah : Cara Memilih Ham Paskah

Sewa Bus : Petualangan Perjalanan wisata di California

Catering : Kenikmatan Sup Iga Pedas yang Segar dan hangat